Luhut: Perjanjian Perdagangan Bebas Indonesia-Australia akan ditandatangani akhir tahun

Presiden Jokowi Dan Menko Luhut Binsar Panjaitan

JAKARTA - Menko maritim Luhut B. Panjaitan memprediksi Perjanjian Perdagangan Bebas Indonesia-Australia akan ditandatangani tahun ini.
Pernyataan itu  muncul saat berbagai kritikan terhadap rencana Perdana Menteri Australia Scott Morrison untuk mempertimbangkan pemindahan Kedutaan Besar Australia di Israel ke Jerusalem dari Tell Aviv, dan demo yang banyak dilakuka di luar Kedubes Australia di Indonesia.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengkritik rencana tersebut, ia mengibaratkan seperti “tamparan” keras di wajah Indonesia. Rencana itu diumumkan Morrison selama pemilu sela di Wentworth, Australia, dan dianggap sebagai upaya menarik hati pemilih Yahudi.
“[Perjanjian itu] akan [ditandatangani] tahun ini… Terkait dengan pemindahan Kedubes Australia [ke Jerusalem], kami (Indonesia) tidak setuju. Tapi penandatanganan (IA-CEPA, Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement) adalah hal lain,” kata Luhut kepada The Sydney Morning Herald, Jumat (30/11).
Morrison menyampaika pertimbangan rencana pemindahan kedubes tersebut akan selesai pada pertengahan bulan Desember, dan akan ada keputusan final tak lama setelahnya.

Sumber
https://www.idnfinancials.com/id/n/20804/Luhut-Perjanjian-Perdagangan-Bebas-Indonesia-Australia-akan-ditandatangani-akhir-tahun-ini

Comments