Honda targetkan mendominasi 74% pasar Indonesia

Astra Honda Motor
Foto : PT. Astra Honda Motor

JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) memprediksikan pasar sepeda motor nasional hingga akhir tahun ini akan tumbuh 6% year on year, sales volume 6,3 juta unit. 5,3 juta unit sepeda motor telah terjual hingga bulan Oktober, tahun ini
AHM menargetkan volume penjualan motor Honda di angka 4,5-4,7 juta unit, grow  8% yoy. Sepanjang bulan Januari hingga Oktober, 3,9 juta unit telah terjual. hal ini membuktikan Honda ditargetkan mendominasi 74,6% pangsa pasar sepeda motor di Indonesia.
Direktur Keuangan AHM Erik Sadikin, menyatakan faktor utama yang mempengaruhi kenaikan penjualan di tahun ini adalah harga komoditas seperti batu bara yang cukup tinggi di tahun ini, yang dinikmati mayoritas konsumen di luar Jawa.
"Pertumbuhan penjualan yang positif Honda ini kebanyakan justru terjadi di luar Jawa. Sumatera tumbuh 15%, Kalimantan justru tumbuh besar hingga 30%, dan Sulawesi sebesar 10%," kata Erik seperti dikutip CNBC Indonesia, Rabu (21/11).
Untuk tahun depan, Erik memprediksi angka penjualan motor secara nasional akan tetap di angka 6,2-6,3 juta unit. Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain penguatan dolar AS , kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia, dan kemungkinan inflasi di tahun politik.

Sumber

Comments